GINANJAR UDIARERA KRESNANANTA

Berpacu menjadi yang terbaik

Operating System
diposting oleh diarera21-fst10 - 20 May 2012
kategori : Umum - 3 komentar

           Operating System (OS) atau dalam bahasa indonesianya Sistem Operasi dapat diartikan sebagai program induk atau program utama atau program dasar yang berguna untuk menjalankan suatu hardware. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri. Menurut Wikipedia sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memeori komputer pada saat komputer dinyalakan.

Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:

1. Generasi Pertama (1945-1955)

Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

2. Generasi Kedua (1955-1965)

Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS. Jadi generasi komputer kedua ini merupakan generasi pertama dari sistem Operasi.

3. Generasi Ketiga (1965-1980)

Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).

4. Generasi Keempat (Pasca 1980an)

Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

Dikutip dari http://ranggablack89.wordpress.com/2010/11/08/sejarah-perkembangan-sistem-operasi/

           Dewasa ini banyak sekali OS yang beredar dimasyarakat, beberapa OS hanya dimiliki oleh beberapa branded tertentu beberapa OS tersebut seperti linux, Android, iOS yang dimiliki oleh Apple, Windows Mobile yang dimiliki Microsoft, Symbian yang dimiliki khusus Nokia. Berkembangnya teknologi membuat peta persaingan system operasi computer dan handpone semakin berkembang. Persaingan dimulai dengan munculnya Handphone Blackberry pada era awal 2000an yang diproduksi oleh perusahaan di Kanada, Research In Motion (RIM). Munculnya smartphone yang satu ini cukup membuat repot para pemroduksi OS untuk hp yang lain karena berhasil mencuri pasaran dunia. Diakusisinya perusahaan software skala kecil di California, Android.Inc oleh seach engine terbesar, Google membuat persaingan handphone dipasaran dunia semakin sengit. Persaingan handphone ini merambat kepersaingan antara handphone vs PC. Semakin lama ini bentuk computer yang besar sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan. Mulai bermunculannya computer tablet menandai kalau gadged tipe computer siap bersaing dipasaran dunia. Munculnya laptop dengan ukuran yang semakin kecil menandai bahwa perusahaan-perusahaan PC siap untuk menciptakan PC dengan ukuran yang semakin kecil dan ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana.

           Perkembangan handphone tak kalah ketinggalan, tentu saja kita ingat ketika kita yang sekarang sudah berusia 20 tahun disaat kita masih berada disekolah dasar kita tahu hp polyphonic, sekarang perkembangan sudah begitu cepat. Handphone yang dulunya hanya menggunakan Java sekarang sudah mulai menggunakan OS dalam pengoperasiannya. Penggunaan OS dalam handphone membuat handphone sekarang bisa dikatakan mendekati kemampuan PC. Banyak sekarang beredar dipasaran handphone high-end yang dibekali processor dual core dengan processor 1 GHz dengan Memory 512 Mb. 

           Java, banyak orang awam yang menyebut java ini sebagai operating system, namun sebenarnya java bukanlah sebuah operating system. Keunggulan java adalah multiplatform, yaitu mampu berjalan pada berbagai macam OS seperti android, symbian iOS maupun Windows Mobile.



3 Komentar

1. rizal ichwansyah

pada : 21 May 2012

""Semakin lama ini bentuk computer yang besar sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan."

namun pada kenyatannya PC mesih tetap 'laku' dipasaran. Menurut saudara, apakah keunggulan yang masih ditawarkan PC yang tidak ada pada perangkat yang lain?"


2. zam ha

pada : 10 June 2012

"sebenarnya model hardware masa kini yang umumnya kecil (mengikuti model perkembangan teknologi serba mini) sebenarnya mempunyai banyak kelemahan, salah satunya adalah pengaruh pada penyampaian informasi pada software yang kecepatannya lebih melambat dibanding pemakaian dengan big hardware.
beberapa komponen pada mini hardware banyak yang diminimalisir sehingga itu yang menyebabkan terganggunya penyampaian informasi ke otak komputer.
selain itu besarnya hambatan pada mini hardware juga sangat mempengaruhi kecepatan pemrosesan data.
memang gadget yang berukuran mini memang tidak diperuntukkan untuk pemaikan yang bersifat berat (misal:grafis dan game) tetapi lebih mengutamakan keuntungan mobilitas dan kepraktisannya
sebaliknya gadget yang besar (PC) sangat cocok untuk pemrosesan data yang bersifat berat."


3. diarera

pada : 10 June 2012

"rizal. . memang benar gan, secanggih apapun komputer mini kecepatan transfer saat ini belum bisa menyaingi kecepatan PC, benar sekali komentar dari zam ha " besarnya hambatan pada mini hardware juga sangat mempengaruhi kecepatan pemrosesan data." beberapa keunggulan PC antara lain mudahnya d modifikasi hardwarenya, sperti penggantian RAM maupun VGA card, sesuatu yang saat ini belum bisa dilakukan embedded system.

zamha. .makasih bang infonya"


Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Umum (19)

Pengunjung

5640