GINANJAR UDIARERA KRESNANANTA

Berpacu menjadi yang terbaik

Asimo
diposting oleh diarera21-fst10 - 17 September 2012
kategori : Umum - 0 komentar

Tentunya kita sudah mengenal apa itu robot. Orang awam sering menyebut robot adalah suatu mesin yang digunakan untuk membantu proses kinerja manusia, bahkan ada yang lebih ekstrem lagi kalo robot adalah suatu peralatan yang digunakan POWER RANGER untuk mempertahankan bumi hahaha.

Isilah robot mulai dikenal pada tahun 1921 pada subah drama yang berjudul R.U.R. Kata robot berasal dari bahasa ceko "ROBOTA" yang berarti Forced Labor. Kata ROBOTIC jg dikenalkan oleh Issac Asimov pada tahun 1942, istilah tesebut kemudian dimaksukkan kedalam bukunya "I Robot". http://dosen.narotama.ac.id/wp-content/uploads/2012/01/prinsip-kerja-dan-klasifikasi-robot.pdf

Menurut http://kumpulan-artikel-menarik.blogspot.com/2009/05/asimo-robot-tercanggih-di-dunia.html, ASIMO diciptakan tanggal 31 Oktber 200 oleh perusahaan yang bergerak dibidang teknologi dan transportasi Negeri Sakura, Jepang yang sudah kita kenal bernama Honda. Akan tetapi  ide dan riset tentang pembuatan ASIMO sendiri sudah ada sejak tahun 1986.

Asimo kini sudah dapat berlari secepat 6km/jam apabila lurus dan 5km/jam apabila berlari memutar. Asimo juga dapat melompat sebentar dan melayang di udara selama 0.08 detik dan dapat membawa beban seberat 1 kg.

Kemampuan intelijen ASIMO terbaru memiliki alur kerja mengevaluasi masukan dari beberapa sensor pendengaran, penglihatan, dan indera peraba sehingga mampu membuat perkiraan situasi di sekitar dan menentukan reaksi. Teknologi ini membuat ASIMO mampu merespon gerakan manusia dan situasi sekitarnya. ASIMO juga mengenali wajah dan suara bahkan pada beberapa orang yang berbicara bersamaan. ASIMO generasi terbaru juga mampu memprediksi arah jalan seseorang sehingga bisa menghindari tabrakan.

Telapak tangan ASIMO memiliki sensor indera peraba dan kekuatan sensornya tertanam di dalam telapak tangan dan di masing-masing jari.  Sensor ini membuat ASIMO tangkas mengambil  botol beling dan memutar tutupnya, atau memegang cangkir dan menuangkan cairan. Selain itu, ASIMO terbaru juga mampu membuat ekspresi bahasa isyarat yang memerlukan gerakan jari yang sangat kompleks. http://asrul1.blogspot.com/2012/02/asimo-terbaru-mampu-berpikir-dan-makin.html

Honda dalam pengembangannya terus meningkatkan kemampuan Asimo untuk berinteraksi dengan lingkungan. Beberapa Interaksi yang dikembangkan Honda untuk Asimo seperti :
1.Pengenalan atas benda bergerak
2.Pengenalan lingkungan
3.Pengenalan Wajah

Robot Asimo Honda kini sudah dapat melakukan banyak aksi menarik yang tidak dapat dilakukan robot pada umumnya, yaitu:
1.Berjabat tangan saat seseorang menawarkan
2.Melambaikan tangan kepada seseorang yang juga melambaikan
3.Bereaksi terhadap suara
4.Dapat menunjuk
5.Menuruni Tangga
6.Berjalan dari Berlari
7.Membawa benda
8.Menari dan masih banyak fitur lain lagi
http://kobayakawadhani.blogspot.com/2011/11/robot-asimo-honda-sejarah-robot.html


Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Umum (19)

Pengunjung

5457